Jumat, 02 Desember 2016

Cara Menggabungkan 2 Harddisk jadi 1 Volume

Kali ini saya akan menShare trik menggabungkan 2 harddisk menjadi 1 volume seperti drive (D:), Saya melakukannya di komputer lenovo dengan os win 2008 Server R2.
Saya Memiliki 3harddisk dalam satu CPU, harddisk pertama (1) saya sudah install win 2008 server Volume/Drive :C:) di harddisk ke 2 dan ke 3 saya akan menggabungkanya menjadi satu volume/drive (D:). Berikut Langkahnya:

1. Kita masuk ke Device Manager, bisa dengan klik kanan pada icon Computer di Desktop->lalu pilih manage.->klick Storage->lalu pilih disk Management. 
Di DiskManagement Klick Kanan pada Disk 1  yang saya lingkari dengan warna Merah lalu pilih New Spanned Volume 

Pilih Next

2. Disini Kita lihat Disk 1 dengan size Kurang dari 2TB dan Disk 2 kurang dari 4TB, pilih Disk 2 dan Klick --> Add

Disk 2 akan berpindah otomatis kesebelah kanan,lalu  Pilih -->Next

Disini saya Pilih Drive (D:)-->Pilih Next



-->Pilih Finish.


 Nanti ada warning pilih saja--> Yes seperti gambar berikut.

Tunggu sampai proses format otomatis Selesai, Hasilnya akan terlihat seperti gambar ini. 

Semoga bermanfaat, dan Selamat Mencoba.

8 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya pakai windows server 2008 jg ..

    BalasHapus
  3. Gmn kl sebelumnya HDD nya cm 1, kemudian kita tambah HDD nya,sedangkan dlm HDD skrg data nya bnyk, apakah datanya akan hilang kl dilakukan hal di atas ??
    Saya pakai Windows Server 2008 jg..

    BalasHapus
  4. Datanya harus di backup dulu. karena cara yang saya gunakan dua2nya dalam keadaan harddisk no data

    BalasHapus
  5. jika di new spanned volume nya tidak mau di klik itu bagaimana ya ?

    BalasHapus
  6. apa cara ini bisa diterapkan di windows 10 gan?

    BalasHapus